ANALISIS KASUS PADA PT FREEPORT DI PAPUA

Nama : Andy Muhamad Mi'raj
NPM   : 16.110.0021
Kelas  : 7A Manajemen

     Salah satu masalah yang ada di Papua yaitu kasus pada PT Freeport, masalah ini termasuk masalah besar bagi yang mengaturnya, karena sejak awal PT Freeport ini untuk melibatkan orang asli Papua sangat sulit sekali walaupun waktu itu perjanjiannya dilakukan bersama pemerintah. Samuel salah satu tokoh di Papua menyatakan bahwa masayarakat Papua selalu merasa terganggu dengan berbagai kebijakan pemerintah yang tidak menguntungkan bagi mereka. Lalu orang-orang di Papua melakukan demo yang luar biasa agar ada dan mendapatkan perhatian dari pemerintah.
     Informasi diatas dikutip dari TribunWow.com dan kanal YouTube metrotvnews yang diunggah Jum'at (30/8/2019). Ada beberapa bentuk komunikasi yang dapat dianalisis pada kasus PT Freeport di Papua.
     Terdapat dua komunikasi yang dapat dianalisis pada kasus PT Freeport di Papua, yaitu :

1. Komunikasi Internal, didalam komunikasi internal dibagi lagi menjadi tiga komunikasi, terdiri dari :
a. Komunikasi Vertikal
Samuel Tabuni salah satu tokoh dari Papua yang menyampaikan informasi kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan lagi masa depan masyarakat Papua.
b. Komunikasi Diagonal
Samuel Tabuni dan beberapa tokoh Papua yang lainnya menginginkan pemerintah harus dengan benar-benar memperhatikan keadaan masyarakat di Papua dan semua pelaku yang melakukan tindakan rasisme serta diskriminasi terhadap warga Papua harus segala ditindak lanjuti. Dan sejak muncul PT Freeport  mengapa masyarakat Papua tidak dilibatkan didalamnya.
c. Komunikasi Horizontal
Pada kasus PT Freeport di Papua setelah dianalisis tidak terdapat komunikasi hozintal.

2. Komunikasi Eksternal, didalam komunikasi eksternal juga terdapat tiga komunikasi, diantaranya :
a. Masyarakat
Masyarakat Papua menginginkan pemerintah harus bisa menyelesaikan masalah yang terus menerus terjadi pada saat ini.
b. Pemerintah
Pihak dari pemerintah mengerahkan aparat untuk mengamankan di sepanjang jalan Kota yangbtak jauh dari Frapari Telkomsel yang dibakar masa sekitar 1200 personal.
c. Media
Salah satu media yang terlibat pada kasus ini yaitu TribunWow.com menginformasikan bahwa kasus apa yang terjadi di Papua, sehingga masyarakat Indonesia bisa mengetahui apa yang benar-benar terjadi di Papua.




Komentar